TUTORIAL MEMASAK MAKANAN BAKSO ACI DENGAN MUDAH

TUTORIAL MEMASAK MAKANAN BAKSO ACI DENGAN MUDAH

Bakso aci merupakan salah satu jajanan khas dari garut yang merupakan bakso dengan bahan dasar tepung kanji sehingga lebih kenyal dibanding dengan bakso daging pada umumnya. Akhir akhir ini baso aci sedang familiar di kalangan jajanan kuliner Indonesia. Karena rasanya yang unik yang membuat banyak orang penasaran untuk merasakannya. Sekilas tampilannya hampir mirip dengan cilok kuah yang ditambah dengan berbagai topping seperti pilus, tahu, tetelan dan masih banyak lagi. Cara menikmatinya pun cukup beragam hanya dengan mencampurkan semua bahan lalu diguyur dengan kuah kaldunya lalu kita tambahkan bubuk cabe nya dan jangan lupa untuk memeraskan jeruk limau yang segar. Saat ini untuk mendapatkan bakso aci seperti itu anda dapat mendatangi langsung ke tempat tempat terdekat anda yang menjual bakso aci. Karena saat ini telah banyak tempat yang menjual bakso aci. Di samping itu ada juga bakso aci yang dijual secara online dan dikemas dengan sangat rapi. Inovasi seperti ini sangat menguntungkan.

Akan tetapi bagi anda yang lebih suka masakan dan membuatnya sendiri. Caranya pun cukup mudah loh, dimana anda bisa mendapatkan bahan bahannya dengan mudah dan murah. Sehingga anda dapat mengira ngira rasa dan toping yang anda inginkan. Selain itu dengan memasak sendiri bakso aci akan sangat menghemat biaya. dibawah ini tutorial cara membuat bakso aci sederhana dengan sangat mudah.

  • Pertama adalah menyiapkan bahan bahan yang akan digunakan seperti, bahan untuk membuat bakso aci, bahan untuk membuat kaldunya, dan berbagai macam toping yang anda butuhkan.

  • Langkah kedua ialah dengan membuat bakso acinya terlebih dahulu dengan. Membuat adonan dari tepung kanji dan sedikit tepung terigu lalu garam dan penyedap rasa lalu aduk hingga semua bahan tercampur. Setelah semua bahan tercampur masukkan sedikit demi sedikit air panas lalu aduk hingga menjadi sebuah adonan yang pas. Setelah semua adonan tercampur dengan rata. Bulat bulat bakso aci kecil kecil hingga semua adonan habis. Setelah semua adonan dibulat bulat, rebus bulatan tersebut di dalam air yang panas hingga bakso aci mengapung di atas permukaan air. Jangan lupa untuk mencampurkan sedikit minyak goreng agar bakso aci tidak menempel.

  • Setelah bakso aci sudah jadi, selanjutnya kita membuat kaldunya dengan menghaluskan bumbu yang sudah dipersiapkan seperti cabe merah, bawang, cabe rawit, jika suka bisa tambahkan sedikit kencur. Setelah semua bahan bumbu telah dihaluskan anda bisa langsung menulisnya hingga aroma bumbu tercium. Setelah tumisan bumbu tercium anda bisa memasukan air ke dalam tumisan tadi masukan garam, sedikit merica, dan penyedap rasa. Lalu tunggu hingga kuahnya matang. Setelah kuah bakso aci telah matang anda bisa memasukan bakso aci tadi ke dalam kuah tersebut, sebentar saja lalu matikan kompor dan siapkan bahan bahan lainnya.

  • Siapkan mangkuk dan masukan semua toping seperti tetelan, batagor kering, bakso daging dan toping lainnya sesuai selera anda. Setelah semua toping telah masuk ke dalam mangkuk anda bisa menyiramkan kuah bakso aci di atasnya bersama bakso aci yang sudah dimasukkan terlebih dahulu. Untuk menikmatinya anda bisa menambahkan perasan jeruk limau dan taburan kacang sukro atau pilus yang menjadi keunikan¬† tersendiri dari bakso aci tersebut.¬†

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *