OLAHAN MAKANAN DARI JAGUNG

Jagung merupakan makanan yang kaya dengan karbohidrat, jagung dipercaya dapat menggantikan nasi karena kandungan karbohidratnya yang cukup tinggi dapat memberikan efek kenyang pada tubuh. Jagung juga mengandung berbagai macam nutrisi, seperti protein, serat, vitamin,dan mineral yang baik bagi tubuh. Jagung memiliki kandungan antioksida yang cukup tinggi dibandingkan dengan tumbuhan biji bijian lainnya. selain memiliki banyak kandungan yang baik bagi tubuh. Jagung juga memiliki rasa yang cukup manis sehingga banyak digunakan sebagai bahan olahan makanan. 

Makanan dari jagung dan cara buatnya

Jagung memang sudah tidak asing lagi ditelinga kita karena khasiat yang ada di dalamnya dan dapat dijadikan berbagai jenis olahan makanan yang lezat dan tentunya sehat. Dibawah ini beberapa makanan yang bahan dasarnya jagung dan cara mengolahnya:

  • Popcorn 

Siapa sih yang gatau dengan makanan yang satu ini, popcorn biasanya dijadikan cemilan pada saat menonton film dibioskop tetapi kita juga bisa membuatnya dengan mudah dirumah loh. Caranya cukup mudah siapkan jagung pipil dan jemur dibawah terik matahari jika jagung sudah mengering selanjutnya goreng menggunkan api yang kecil tutupi wajan atau panci dengan penutup agar jagung tidak meletuk kemana mana, setelah dirasah sudah matang angkat dan tiriskan setelah itu tambahakan bubuk caramel atau lainnya sesuai dengan selera anda.

  • Bubur jagung

Makanan yang satu ini biasanya dibuat buat anak anak yang sedang sakit atau anak anak yang susah buat makan nasi, sehingga menggunakan jagung sebagai penganti nasi. Bubur yang satu ini memiliki rasa yang manis dan gurih, cara buatnya hanya dengan menghaluskan jagung yang sudah dipipil dengan cara diblender lalu campurkan santan, lalu masakan menggunakan panci, tambahkan daun pandanm kayu manis, garam, dan gula pasir, aduk terus hingga setengah matang, lalu masukan larutan tepung maizena untuk memberikan tekstur kental dan aduk hingga matang, jika dirasa sudah matang angkat dan tiriskan.

  • Jagung bakar

Makanan yang satu ini sudah tidak asing lagi ditelinga kita karena cara pembuatannya sangat mudah dan rasanya yang lezat. Cara membuat jagung bakar hanya dengan siapkan jagung manis, lalu kupas dari kulitnya dan bersikan sampai bersih, setelah itu tusuk bagian bawahnya dengan tusuk sate, dan bakar diatas arang dengan mengoleskan mentega setelah setengah matang olesi dengan saus atau rasa lainnya dan bakar hingga matang.

  • Jasuke (jagung susu keju)

Jasuke merupakan makanan yang sehat dan enak biasanya jasukan dijadikan jajanan yang dijual dipinggir jalan. Cara pembuatannya cukup mudah hanya dengan mengukus jagung manis yang sudah dipipil, setelah matang tuang di mangkuk lalu tuang susu kental manis kedalamnya dan taburi parutan kerju, mudah kan?

  • Talam jagung

Kue talam adalah makanan tradisional yang bisa dikreasikan dengan berbagai macam bahan. Salah satunya adalah jagung manis, makanan ini biasanya dijual di toko kue atau tempat jajanan pasar. Kue talam jagung biasanya berwarna kuning, warna tersebut dihasilkan dari jagung itu sendiri sehingga mempercantik tampilan.  Cara buatnya membuat adonana lapisan bawah dengan menghaluskan santan dan daun pandan lalu saring, masak dengan secukupnya air, tepung, dam gula pasir. Jika sudah matang angkat dan tuang diatas wadah yang sudah disediakan tunggu hingga setengah kental, untuk lapisan atas cukup menghaluskan pipilan jagung manis lalu saring, masak dengan bahan lainnya dan tunggu hingga mletuk meletuk, angkat lalu tuang diatas wadah yang sudah disediakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *