MENGATASI NYERI SAAT DATANG BULAN

Sebagian besar wanita pasti pernah merasakan rasanya nyeri pada saat awal datang bulan, biasanya hari pertama dan kedua saat datang bulan. Biasanya nyeri ini di rasakan di perut bagian bawah dengan rasa yang cukup nyeri. Rasa nyeri ini sudah umum atau wajar dirasakan karena umumnya nyeri datang bulan dapat terjadi karena kontraksi otot Rahim yang dipicu oleh peningkatan hormon prostaglandin. Hormone ini yang menyebabkan nyeri pada bagian perut saat datang bulan. Nyeri datang bulan yang normal biasanya terjadi hanya dua sampai tiga hari setiap awal datang bulan. Bila nyeri dirasakan lebih dari tiga hari itu merupakan nyeri datang bulan yang tidak normal dan alangkah baiknya langsung dibawa ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut. Datang bulan merupakan proses pengeluaran darah kotor yang ada di dalam tubuh kita yang dapat terjadi setiap satu bulan dan umumnya terjadi selama satu minggu. proses ini memerlukan waktu yang cukup lama dimana kita akan merasakan datang bulan seperti nyeri pada perut, pinggang yang mulai terasa pegal dan lain sebagainya. 

Cara alami mengatasi nyeri datang bulan

Nyeri saat awal datang bulan memang sangat menyakitkan, kita sebagai wanita pasti pernah merasakan nyeri datang bulan. Tetapi nyeri ini ternyata normal jadi kalian tidak perlu khawatir lagi, akan tetapi ada juga yang harus dibawa ke dokter untuk diperiksa karena nyeri yang dirasakan sangat parah. Karena semua itu tergantung dengan daya kekebalan tubuh masing masing. Bagi anda yang nyeri datang bulannya wajar wajar saja mungkin anda bisa melakukan cara cara alami di bawah ini:

  • Mengompres perut menggunakan es batu 

Es batu ternyata juga berguna untuk meredakan nyeri saat datang bulan, caranya cukup dengan membungkus beberapa es batu di dalam handuk lalu tempelkan di atas perut yang terasa nyeri, lakukan berulang hingga rasa nyeri mereda.

  • Kompres dengan air hangat

Tidak hanya dengan es batu yang dingin, air hangat juga dipercaya dapat meredakan nyeri saat datang bulan, cara yang paling mudah ialah hanya menyiapkan satu buah botol kaca lalu masukan air hangat ke dalamnya dan tutup setelah itu tempelkan botol tadi di atas perut yang nyeri, jika anda tidak kuat karena kulit terasa panas anda bisa melapisi botol kaca dengan handuk atau kain tipis setelah itu baru ditempelkan ke atas perut.

  • Minum hangat

Tidak hanya dengan mengkompres melainkan dengan minum minuman hangat juga dapat untuk meredakan rasa nyeri akibat datang bulan, anda bisa minum minuman yang menghangatkan tubuh seperti jahe dan lain sebagainya. 

  • Olahraga dan atur pola makan

Nyeri yang dirasakan wanita berbeda beda ada yang rasanya tidak terlalu sakit ada juga yang rasanya sakit sekali sampai harus dibawa ke dokter, semua itu di karena kan sistem kekebalan tubuh setiap orang berbeda beda. Maka sangat dibutuhkan olahraga yang cukup untuk selalu menjaga tubuh tetap fit dan berenergi karena nyeri saat datang bulan memang sangat membuang buang energi dalam tubuh. Tidak hanya itu kita juga perlu memakan makanan yang sehat agar nutrisi yang ada di dalam tubuh terpenuhi. Jika tubuh sehat rasa nyeri saat datang bulan dapat diatasi dengan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *